You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Pekon Candi Retno

Kec. Pagelaran, Kab. Pringsewu, Prov. Lampung

Visi dan Misi


Visi dan Misi

VISI DAN MISI PEKON CANDIRETNO

Demokratisasi mempunyai makna bahwa penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan  pembangunan di desa  harus  mengakomodasi  aspirasi dari  masyarakat melalui Badan Himpun Pemekonan dan Lembaga Kemasyarakatan yang ada sebagai Pemerintah Desa/Pekon yang mampu mewujudkan peran aktif masyarakat agar   senantiasa memiliki dan turut serta bertanggung jawab terhadap perkembangan kehidupan bersama sebagai sesama warga Desa sehingga diharapkan peningkatan taraf hidup dan  kesejahteraan  masyarakat melalui  penetapan ikan,  program dan  kegiatan yang  sesuai  dengan esensi  masalah  dan prioritas kebutuhan masyarakat.

           Atas dasar pertimbangan tersebut di atas, maka untuk jangka waktu 5 (lima ) tahun depan Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pelaksanaan Pembangunan dapat benar-benar mendasarkan  pada  prinsip  keterbukaan  dan  partisipasi   masyarakat sehingga secara bertahap Desa Candiretno dapat mengalami kemajuan. Untuk itu dirumuskan Visi dan misi.

 

Visi

 

Visi RPJMDes Pekon Candiretno tahun 2018-2024 mengacu pada RPJMD Kabupaten Pringsewu 2017-2022 dan memperhatikan isu-isu strategis, maka visi Pembangunan Jangka Menengah Pekon Candiretno tahun 2018-2024 adalah :

 

 

“MEWUJUDKAN PEKON CANDIRETNO YANG MAJU,

MANDIRI, SEJAHTERA DAN AGAMIS”

 

Pernyataan visi Pekon Candiretno tersebut memiliki makna sebagi berikut :

 

  1. MAJU

Pembangunan enam tahun kedepan di Pekon Candiretno diharapkan dapat mewujudkan kemampuan dan ketangguhan  terhadap tatanan dasar masyarakat Candiretno yang memiliki keunggulan kompetitif. Guna mewujudkan Masyarakat yang mandiri perlu didukung dengan pembangunan infrastuktur yang merata dan memadai untuk mendukung akses perekonomian, selain itu juga harus  dibangun sumber daya manusai yang berkualitas, untuk membentuk masyarakat yang berdayasaing dan sejahtera,  yang di indikasikan dengan :

  1. infrastruktur yang memadai;
  2. sanitasi dan sarana air bersih yg memadai;
  3. sumberdaya manusia yang berkualitas;
  4. hasil pertanian dan perdagangan yang berkualitas;
  5. Badan Usaha Milik Desa Yang Berkualitas, dan
  6. pemerintahan Pekon yang profesional dan bersih.

 

  1. MANDIRI

       Kemandirian dalam hal ini meliputi 2 (dua) sisi yaitu pemerintah desa dan masyarakat. Oleh karena itu ketercapaian kemandirian dapat dilihat dari adanya peningkatan kemampuan pemerintah desa dan peningkatan kemampuan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan desa. Kemandirian ditunjukkan dengan kemampuan untuk  meningkatkan   kapasitas   penerimaan   dan   pembiayaan pembangunan dan mengoptimalkan belanja daerah  bersumber dari sumber daya lokal sehingga  mengurangi ketergantungan sumber daya dari daerah lain. Mandiri dalam hal   ini  juga  berarti  kemampuan    Pekon Candiretno dalam  memenuhi  kebutuhan    dasar  baik  pangan,  sandang  maupun  papan  sebagai  bentuk  kemandirian wilayah. oleh sebab itu, pemerintah Pekon Candiretno mendorong Perkembangan BUMDes Pekon Candiretno dengan melakukan terobosan atau menciptakan unit usaha baru, untuk dikelola bersama masyarakat pekon candiretno.

 

  1. SEJAHTERA

Sejahtera mengandung makna kondisi masyarakat Pekon Candiretno yang dapat terpenuhi kebutuhan dasar sehingga dapat hidup nyaman, tenteram, damai, sentosa dan makmur lahir bathin. Kebutuhan dasar tersebut mencakup kebutuhan pangan, sandang dan papan. Pembangunan enam tahun kedepan di Pekon Candiretno diharapkan dapat mewujudkan kondisi masyarakat Pekon Candiretno yang dapat terpenuhi kebutuhan dasar dan pelayanan dasarnya sehingga dapat hidup nyaman, tenteram, damai, sentosa dan makmur lahir bathin, yang diindikasikan dengan :

  1. terpenuhinya kebutuhan dasar, mencakup kebutuhan pangan, sandang dan papan;
  2. terpunuhinya pelayanan dasar, mencakup pelayanan pendidikan; pelayanan kesehatan; pelayanan Insfrastuktur; pelayanan ketenteraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat; serta pelayanan sosial.

 

  1. AGAMIS

Masyarakat Pekon Candiretno mayoritas beragama Islam. Hal ini mencerminkan Pekon yang agamis memiliki Ahlak yang mulia dan memiliki keimanan yang kuat sebagai pondasi dalam menciptakan kehidupan yang rukun antar umat beragama, serta merupakan modal utama bagi pelaksanaan kegiatan pemerintahan Pekon. Beberapa cara akan kita lakukan untuk mendukung hal tersebut, seperti

  1. menanamkan ilmu agama sejak dini kepada anak-anak;
  2. mendukung kegiatan keagamaan di pekon candiretno; dan
  3. memberikan bantuan sarana dan prasaran di bidang pendidikan dan keagamaan serta memberikan bantuan operasional kepada guru ngaji.

 

Misi

 

Dalam rangka upaya untuk mewujudkan Visi “Mewujudkan Pekon Candiretno Yang Maju, Mandiri, Sejahtera Dan Agamis”, maka misi Pembangunan Pekon Candiretno Enam tahun kedepan adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan Pembangunan Infrastuktur Secara Merata;
  2. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (Sdm) Yang Sehat, Cerdas, Dan Berkarakter;
  3. Meningkatkan Peran Serta Masyarakat Dalam Pembangunan Pekon Candiretno;
  4. Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pekon Candiretno Dengan Melibatkan Secara Langsung Dalam Berbagai Bentuk Kegiatan; dan
  5. Meningkatkan Kinerja Perangkat Pekon Secara Profesional Dan Bersih Sesuai Tugas Pokok Dan Fungsi Untuk Mencapai Pelayanan Masyarakat Yang Optimal.

Dari kelima Misi tersebut, dapat kita jabarkan sebagai berikut :

 

  1. Meningkatkan Pembangunan Infrastuktur Secara Merata
  2. Pembanguan Sarana Transportasi/Jalan

       Pembangunan sarana transportasi diarahkan untuk menjaga perekonomian masyarakat yaitu dengan pengaspalan jalan dan pelebaran jalan sempit agar transportasi hasil pertanian lancar dan menekan biaya angkut.

  1. Pembangunan sanitasi dan air bersih

       pembangunan sarana Sanitasi dan Limbah Produksi, guna mewujudkan kawasan Pemukiman yg bebas kumuh dan bebas banjir, serta membangun sarana air bersih guna menjaga kelestarian sumber daya alam.

  1. Pembangunan Sarana Kesehatan

       Pembangunan sarana kesehatan antara lain Posyandu Balita dan Posyandu Lansia.

  1. Pembangunan  Sarana Keamanan

       Pembanguna sarana Keamanan antara lain Pengadaan POSKAMLING di setiap dusun.

  1. Pembangunan Sarana Pendidikan

       Pembangunan sarana pendidikan diarahkan kepada pendidikan formal dan non formal. Pendidikan formal yaitu PAUD. Sedangkan pendidikan non formal diantaranya Kelompok Bermain, TPA, DTA dan Pondok Pesantren.

  1. Pembangunan Sarana Olahraga,

       Pembangunan sarana olahraga antara lain lapangan sepak bola, lapangan futsal, lapangan volly  dll.

  1. Pembanguan Sarana Seni dan Budaya
  2. Bidang seni : Pengadaan alat – alat seni tradisional seperti kuda kepang, janeng, hadroh, dll.
  3. Bidang Budaya : Pembanguna tempat ibadah (mushola/masjid), Pembanguan atau rehab rumah adat,

 

  1. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (Sdm) Yang Sehat, Cerdas, Dan Berkarakter
  2. Membangun sumberdaya manusia yang berahlak mulia sejak dini, yaitu dengan menamkan ilmu agama sejak dini.
  3. Mendukung segala bentuk kegiatan keagamaan, seperti pengajian ibu-ibu muslimat, kelompok yasinan, kelompok hadroh, dll.
  4. Memberikan bantuan operasional kepada tenaga pendidik
  5. Membangun sarana dan prasaran pendidikan ( Gedung PAUD)
  6. Membangun Sarana dan Prasaran Kesehatan ( Gedung Posyandu)

 

  1. Meningkatkan Peranserta Masyarakat Dalam Pembangunan Pekon Candiretno
  2. Guna mengsukseskan pembangunan di pekon candiretno, dalam setiap rencana pembangunan harus melibatkan masyarakat dalam rencana pembangunan, yaitu dengan melaksanakan MUSRENBANG (Musyawarah Rencana Pembangunan), sehingga apa yang di inginkan masyarakat untuk kemajuan pekon candiretno akan terwujud. serta secara rutin mengadakan musyawarah guna menjaga persatuan dan kerukunan.
  3. Dalam melaksanakan pemerintahan Pekon Candiretno, kita harus mengedepankan musyawarah dalam segala bentuk kegiatan, agar tercipta kepercayaan masyarakat kepada Kepala Pekon dan Apartur Pekon Candiretno. serta secara rutin mengadakan musyawarah guna menjaga persatuan dan kerukunan.

 

  1. Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pekon Candiretno Dengan Melibatkan Secara Langsung Dalam Berbagai Bentuk Kegiatan

 

  1. Melibatkan Masyarakat dalam melaksanakan Pembangunan, Yaitu dengan memberdayakan masyarakat dalam Pelaksanaan Pembangunan.
  2. Mendirikan BUMDes, yang dikelola oleh masyarakat dan di Gunakan untuk kesejahteraan masyarakat pekon candiretno.
  3. Mendukung segala bentuk usaha masyarakat (Home Industri) yang Ramah Lingkungan.
  4. melakukan pemberdayaan masyarakan dengan memberikan pelatihan/pembelajaran tentang kewirausahaan dan pemanfaat sumberdaya alam.

 

  1. Meningkatkan Kinerja Perangkat Pekon Secara Profesional Dan Bersih Sesuai Tugas Pokok Dan Fungsi Untuk Mencapai Pelayanan Masyarakat Yang Optimal

 

  1. Pembenahan Aparatur Pemerintah Pekon

       Aparatur pemerintah Pekon Candiretno perlu dibenahi dan dibina agar masing-masing bidang dapat berfungsi dengan baik dan melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksi masing-masing, sehingga tidak tejadi tumpang tindih tugas. Dengan demikian diharapkan aparatur desa akan mendapat kepercayaan dari masyarakat.

 

  1. Peningkatan Pelayanan Publik

       Pelayanan terhadap masyarakat perlu ditingkatkan sehingga masyarakat dapat dengan mudah memperoleh pelayanan sesuai dengan kebutuhan dengan tidak membeda-bedakan status dalam masyarakat, sepanjang pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat tidak bertentangan dengan norma-norna dalam masyarakat dan hukum yang berlaku.

 

  1. Transparansi Keuangan

       Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Kepala Pekon dan aparaturnya, masalah keuangan harus transparan (terbuka). Transparansi keuangan yang dimaksud adalah dimana masyarakat harus mengetahui sumber-sumber keuangan yang didapat dengan pengalokasianya minimal satu kali dalam setahun dan membuat laporan kepada BHP dan disosialisasika kepada masyarakat melalui RT dengan membuat Benner atau Papan Pengumuman tansparansi Keuangan Pekon.

 

  1. Sinergisitas dengan BHP

       Badan Hippun Pemekonan (BHP) yang anggotanya merupakan tokoh/wakil masyarakat dan sebagai mitra sejajar Kepala Pekon serta penampung aspirasi masyarakat harus diajak musyawarah terutama menyangkut masala-masalah yang strategis terhadap pembangunan di Pekon. Selan itu BHP juga dapat diminta pendapat sesuai dengan tugas dan fungsinnya. Selain itu kita diwajibkan melaksanakan Kegiatan Musrenbang (musyawarah Rencana pembangunan) yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat, guna menampung usulan pembangunan Pekon Candiretno tahun yang akan datang.

 

Rumusan misi pada dasarnya dimaksudkan untuk mengatasi isu-isi strategis yang ada di Pekon Candiretno. Adapun keterkaitan antara Isu Strategis dengan Misi Pekon Candiretno Tahun 2018-2024, dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tabel 5.1

Keterkaitan Antara Isu Strategis dengan Misi Pekon Candiretno

 

No.

Isu Strategis

No.

Misi

1

Pembangunan infrastruktur

1

Meningkatkan Kualitas Infrastruktur Secara Merata.

2

Pembangunan Ruang Publik

3

Kualitas sumberdaya manusia dan kesejahteraan masyarakat

2

Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Berkarakter.  

4

Pertumbukan ekonomi Pekon

3

Meningkatkan Daya Saing Perekonomian Masyarakat.

5

Tata kelola pemerintahan dan ketentraman Pekon Candiretno

4

Meningkatkan Kualitas Tata Kelola Pemerintahan dan Ketenteraman Masyarakat.

 

 

Bagikan artikel ini:
Komentar